Headlines News :
Home » , , » Profil Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas

Profil Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas

Written By h on Kamis, 07 Februari 2013 | 04.57

Miftahussalam Islamic Boarding School (Nampak depan)
   Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh     
Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam, merupakan sebuah lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam yang mengkolaborasikan dua system pendidikan sebagai motor penggerak berlangsungnya proses belajar mengajar, yakni system pesantren yang menerapkan system pengawasan selama 24 jam di asrama, sehingga semua aktifitas santri akan terpantau dalam rangka meminimalisir berbagai kerusakan jasmani maupun rohani. Adapun system madrasah, merupakan system  yang setara dengan pendidikan di sekolah-sekolah umum, baik itu sekolah menengah pertama (SMP) maupun sekolah menengah atas(SMA). Dengan tetap eksis mempertahankan Islam sebagai asas segala lini kehidupan, Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin hari semakin berkembang dan menantang eksistensinya, hingga muncullah istilah “Pondok Pesantren Pendidikan Islam” yang juga mengambil berbagai materi pendidikan umum sebagaimana materi-materi pendidikan di sekolah umum untuk dijadikan materi pendidikannya. Secara garis besar, waktu pembelajaran di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas, dibagi menjadi beberapa bagian, dimulai sejak para santri bangun tidur, setengah jam sebelum shubuh, dilanjutkan dengan shalat shubuh berjama’ah di Masjid, selanjutnya kuliah shubuh dan menghafal Al-Qur’an yang dilanjutkan dengan kegiatan mck, makan pagi, apel pagi sebelum berangkat menuju kelas masing-masing. Waktu belajar formal di Madrasah, baik Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah berlangsung sejak pukul 07.00 hingga pukul 14.45. Ada waktu istirahat pukul 09.30 dan waktu shalat dzuhur yang diikuti dengan makan siang. Sepulang dari madrasah, persiapan shalat ashar berjama’ah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler dan kajian kitab hingga pukul 17.00. Setelah itu kegiatan mck, kegiatan apel sore yang dilanjutkan dengan kegiatan halaqah bahasa Arab dan bahasa Inggris hingga tiba waktu shalat maghrib. Setelah shalat Maghrib, masing-masing kamar berkumpul bersama para ustadz yang didampingi pembimbing kamar membaca Al-Qur’an. Setelah itu makan malam dan dilanjutkan shalat isya berjama’ah. Selepas shalat isya, semua santri keluar kamar menuju kelas-kelas dan masjid untuk belajar hingga pukul 22.30 dan tidur malam hingga waktu fajar tiba.
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)
       Setelah melalui runtut peristiwa sejarah perkembangannya yang panjang, Miftahussalam kini hadir sebagai sebuah lembaga pendidikan yang menawarkan paket multi pendidikan yang terdiri dari pendidikan Islam dan pendidikan umum, sehingga adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahussalam sebagai sebuah pendidikan formal setingkat SMP dan Madrasah Aliyah (MA) sebagai sebuah jenjang pendidikan formal setingkat SMA, hadir melengkapi pendidikan pesantren dalam rangka mengikuti perkembangan zaman.
           Tak dipungkiri lagi dengan penawaran berbagai fitur-fitur menggiurkan dari sekolah-sekolah umum kebanyakannya saat ini, turut menjadi momentum berharga bagi Miftahussalam untuk semakin baik dan modern dalam menyelenggarakan pendidikannya. Dan dalam rangka menyambut momentum tersebut, maka Miftahussalam menjalin kerja sama dengan Islamic Development Bank (IDB) menghadirkan beberapa fasilitas penunjang pendidikan modern berupa Laboratorium Saintek yang merupakan Laboratorium terlengkap dan terbesar yang hanya dimiliki oleh Miftahussalam Banyumas di wilayah Karesidenan Banyumas. Laboratorium Saintek ini, terdiri dari beberapa ruang laboratorium diantaranya, laboratorium Komputer, dengan spesifikasi computer yang tinggi dan kelengkapan hardware lainnya, maka digunakanlah laboratorium ini sebagai media penunjang pembelajaran Informasi dan Teknologi/TIK, sehingga muncullah kegiatan ektrakurikuler TKJ(Teknisi Komputer dan Jaringan), Desain Grafis, Jurnalistik yang hingga saat ini dibina oleh beberapa guru dan tenaga ahli. Disamping Laboratorium Komputer, Laboratorium ini memiliki dua ruangan luas yang digunakan guru elektronika sebagai media latihan dan praktik mata pelajaran elektronika, ditunjang dengan berbagai peralatan modern yang ada berbagai hasil kreatifitas siswa/santri pun dihasilkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi tambahan materi diluar materi pelajaran elektronika.
             Di Laboratorium ini pula, digunakan oleh beberapa guru bidang studi sains, baik itu Biologi, Fisika maupun Kimia sebagai media latihan dan praktik yang tentunya diimbangi dengan berbagai alat peraga terbaru dan modern. Sebagai pelengkap dari adanya Laboratorium Saintek ini, maka dibangun pula sebuah perpustakaan Saintek yang berisikan buku-buku sains dan teknologi sebagai rujukan dalam berbagai pembelajaran dan praktikum di laboratorium. Hingga saat ini, Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam memiliki dua perpustakaan sebagai ruang baca yang berisikan berbagai wawasan keilmuwan, yang pertama Perpustakaan Pesantren sebagai media penyimpanan Kitab-kitab Islam dan berbagai macam buku bacaan lainnya. Adapun yang kedua adalah Perpustakaan Saintek yang telah kami sebutkan tadi.

  • Staf dan Tenaga Pengajar
Saat ini staf dan tenaga pengajar Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas terdiri  alumni  pondok pesantren nusantara dan alumni-alumni PT dalam negeri seperti UNNES, UNSOED, UMP, UIN dan lain-lain.

  • Kelanjutan Studi
Setelah mendapatkan akreditasi dari pemerintah, lulusan Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam mempunyai peluang kuat untuk diterima di berbagai perguruan tinggi nusantara. Pada umumnya lulusan Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam  melanjutkan studinya ke UIN, UMY,  serta berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Lulusan Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas juga dapat langsung terjun untuk berdakwah di tengah-tengah masyarakat dengan bekal ilmu yang telah diperolehnya.

  • Strategi Pencapaian Visi & Misi Pesantren
Untuk mencapai terwujudnya Visi & Misi Pesantren dengan wadah pendidikan yang sudah ada, Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas menerapakan Sistem Manajemen Terpadu yang meliputi :
  1. Manajemen Pendidikan
  2. Sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas akan selalu dikembangkan untuk membentuk para santri lulusan Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas menjadi lebih berkualitas dan unggul dalam kompetensi dibandingkan pesantren-pesantren lainnya baik di wilayah nusantara maupun mancanegara.
  3. Manajemen Sumber Daya Manusia
  4. Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas berupaya untuk merekrut orang-orang yang berpotensi dan profesional untuk mewujudkan visi dan misi Pesantren. Demikian pula potensi Sumber Daya Manusia Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas yang sudah ada akan senantiasa digali dan dikembangkan sehingga seluruh pegawai Pesantren dapat menjalankan peran mereka masing-masing secara optimal.
  5. Manajemen Lingkungan
  6. Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas berupaya untuk membentuk lingkungan yang kondusif sebagai tempat belajar mengajar. Progarm-progam kebersihan, peremajaan serta pengembangan lingkungan Pesantren akan dicoba untuk diterapkan sehingga terbentuklah kondisi Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas sebagai tempat belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan.
Ketiga unsur inilah yang akan menopang keberhasilan pencapaian Visi & Misi Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas, Bi idznillahi ta'ala.

Ini merupakan halaman muka dari Miftahussalam site. Dalam site ini terdapat info-info mengenai Miftahussalam, termasuk informasi pendidikan formal yang ada di Miftahussalam. 
Akhirnya dari admin hanya mengucapkan selamat datang dan semoga Miftahussalam Site mampu membantu anda dalam mendapatkan informasi yang anda cari seputar Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Miftahussalam Islamic Boarding School | Banyumas | Jawa Tengah
Copyright © 2011. Miftahussalam Banyumas - All Rights Reserved
Tata Letak dan Desain oleh ADAM LODIE 2012
Proudly powered by Kang Adam Miftahussalam